Sabtu, 16 November 2013

* Ratu Impian Dan Raja Durma



Mereka akan bercerita kepadamu tentang hati yang retak. Kisahnya tidak akan pernah elok semanis madu, mereka berkisah pada jaman raja diraja, beserta rentetan benteng kokoh dan kuil mengelilingi mereka.

Pemuda itu menyukai salah seoarang yang cantik jelita diantara mereka, tetapi sayang raja Durma sudah meminang terlebih dahulu, si cantik ternyata sudah lebih dulu tahu ada seonggok bulu domba dihidangan mereka. Sicantik dengan asmara memadu kasih diantara kastil dan lonceng dibawah tahta, dengan anggun elok nan rupawan, menari memperdaya dunia.

Mahligai aswat permujutan Durma menunggangi kereta, mereka bergerak lembut selembut sutra, nyanyian indah si jelita malam menari-nari diantara hitam kelebat bayangan jerami. hembusan-hembusan napas kuda tarik menarik memecah sunyi. Mereka terjebak, mereka terperangkap sehingga malam-malam berlalu membawa kelam cerita si pemuda.

Besok pagi si pemuda pergi menguji diri melihat si cantik tadi. Rupanya benar paras yang elok dan rupawan masih terus memancar dan memberikan kesan mendalam di dalam hati yang sunyi. Ia berlari mengerjar yang tak pasti, mengundi nasib dangan ujung tombak diatas dada. Banyak harap dan dupa yang ia sebarkan kepada bunga dipagi hari ini. Ternyata benar senyuman itu benar-benar telah sangat menggodanya. Ia sangat riang dan senang karena sudah mendapatkan sesuatu yang tak terlupakan.

‘Inilah hidup yang sesungguhnya’ teriak si pemuda sambil membawa cawan berisi rasa terpendam didalam hati. Hari ini putik-putik mimpi sudah mulai satu persatu merengah. Memekarkan diri menyambut indah si pujaan hati. Tetapi sayang, lambat laun impian pemuda terlampau jauh, si cantik menolak dengan keras sehingga kotoran keledai dilempar kemukanya.

Ia lebih memilih Durma yang perkasa ketimbang pemuda yang ramah beserta ketulusanya. Hati si cantik mulai bergemuruh karena kereta malamnya sudah ditunggani. Padahal si pemuda sangat tulus, ia membersihkan kotoran kuda dari bawah pelanyanya. Nyanyian itu tak kembali indah karena hujan yang mengguyur sudah membanjiri peraduan. Terpaksa hanya satu jalan harap yang dapat ditempuh.

Benih-benih bunga itu akan segera ia bawa menghadap si Durma. Kemungkinan hati dan singgasana yang megah beserta kokohnya kastil dan rentetan tembok tua itu, dapat menjanjikanya. Durma sangat senang si cantik datang kembali, ia menawarkan kehangatan serta janji kesetiaan terhadap gadis bermata jeli. Mereka bersatu kembali, merajut mimpi dalam kesenangan dan kekeramatan. Seiring waktu berjalan dalam ulangan cerita mereka tetap bergemuruh.

Durma mulai sadar kotoran keledai itu masih menghampirinya dengan sejuta hayal. Pertanyaan singkat kepada Jelita disibak, mengorek rasa yang sudah terpendam teramat dalam. Ia pergi meninggalkan puluhan benih yang sudah ditanam, lalu mengutus penjagal untuk mengeksekusi mati si domba jantan. Ia terus memburu, sehingga pemuda itu melarikan diri, sambil meninggalkan cawan cinta yang pecah dan jatuh kejurang yang teramat dalam.     
    
Si pemuda melarikan diri, sambil membunuhi mimpinya untuk mengobati hati yang terluka. Setiap detik bayangan-bayangan senyum si cantik terus menggoda, mengajak bercerita dengan manja didalam tidurnya. Si pemuda masih tetap berdoa dan berharap agar si cantik tetap bahagia dan membawa impianya menuju tahta dan kota.

Senada dengan lagu kisah penduduk dan cerita-cerita mereka si cantik sudah menjadi ratu. Tapi berbeda dengan tragedi yang dialami. Si bunga mengharap akan kehangat serta kejayaan diatas kota, memang sangat jauh berbeda dari kenyataan. Durma sudah memotongnya menjadi dua, jantungnya dirobek, darahnya pecah, kulit tubuhnya yang putih bersih nan rupawan sudah disugu dan dibakar dengan api hingga menimbulkan koreng berbercak nanah tercampur pilu. Lalu ia meludahinya dan membuangnya dijalan tanpa kehangatan, seperti tarianya dulu diatas jerami.

Sungguh kecewa nasib jelita harapan tak pasti dan bayangan kecemasan sudah ia beli dengan luka yang menganga. Hidupnya penuh pelampiasan kutukan abadi, walaupun bisa tetap hidup tetapi ia tidak bisa menghilangkan bekas luka, karena kesalahan fatal yang dilakukanya. Kini hanya perasaan sesal yang selalu terlambat, meananti diujung rasa keyakinan yang bebuih.

“Aduahai cinta yang rusak, keyakinan yang salah sudah kupilih, kemana si pemuda yang penuh harap, tak mungkin ia akan membeli, penolakan cinta yang meradam merupakan kesalahan. Jikala aku tak menolak memandang lembut kesetiaan dan kesungguhan, mungkin aku sudah bisa sangat bahagiah dengan keyakinan”.

Kisah itu sangat tidak bisa ditebak karena si pemuda sudah mati bersama mimpi. Sakitnya bersama kenangan itu sudah membuatnya buta dan mengubur guratan-guratan tinta emas, serta kesetiaanya ke lobang abadi. Ia sudah terkubur membujur kaku, cacing-cacing dan kutu-kutu tanah sudah menjadi teman karibnya.

Pilu gadis jelita mendengar kisahnya, tetapi tak terlalu peduli sehingga membawa dosa-dosanya menempuh hidup yang dijalani. Meskipun luka itu mendalam dan mengoyak tubuhnya. Ia masih berharap suatu saat, seseorang akan datang kembali menawarkan cinta.

PENULIS : Ini merupakan cerita singkat dari penuturan seorang kupu-kupu malam, yang memulai karir dari kekecewaan dan kesalahan didalam pilihan hidupya. Pandangan kehidupan mengenai harta dan tahta tak pelak menjerumuskanya didalam sebuah penyesalan.

Tidak banyak cerita yang bisa dijabarkan, karena ini hanya sebuah penggabungan alur cerita nyata, dengan penuuturan asli dari nara sumber yang menyebutkan adanya penyesalan disetiap jiwa perempuan yang termakan oleh nafsu, tipudaya harta, dan tahta.

para perempuan tersebut menguatkan keyakinan pada diri mereka, untuk menjadikan pilihan tersebut sebagai pilihan yang paling terbaik dan tidak bisa diganggu gugat. sehingga mengesampingkan hati-hati yang berada di samping mereka.   


Tidak ada komentar: