Jumat, 15 November 2013

* Lembah Getsemani



Usai sudah Naimah menuturkan kisah ajaib itu kepadaku, ia berkata semoga kisah itu dapat membuatku bersemangat dan tidak lagi meregang asa, lalu duduklah disamping kananku Zilivinska. Mereka kembali kepadaku menyuguhi minuman yang sangat manis melebihi madu, rasanya sangat melegahkan dan mengenyangkan tubuh. Minuman itu sangat hangat ketika airnya sampai ditenggorokan semua darah ini seolah melaju dengan cepat dan detakan jantung kembali sangat normal dan badan terasa sangat hangat.

“Ini sangat ajaib kataku,” airya sangat menyehatkan tubuh semua kulit-kulit yang rapuh dapat kembali mengencang dan segar lagi seperti sangat muda dan jiwa gagah perkasa menuntun tegap langkah. Mereka menayakanku masih banyak lagi kisah-kisah ajib lainya apakahkau mau mendengar kisah cinta suci di atas lembah Getsemani. Aku berkata iya ceritakanlah kisahnya aku akan mendengarkanya.

Untuk menuju ke Lembah Getsemani kau harus menempuh jarakj yang cukup jauh, karena lembah tersebut merupakan keajaiban bagi semua orang didunia, dia telah menjadi saksi cinta orang-orang suci, dan dia merupakan salah satu lembah yang akan diangkat ke atas langit sehingga menjadi raja lembah-lembah disurga. Lembah Getsemani dikelilingi hutan debu dan bukit berbatu, ia sangat dekat kali dengan sebuah kota tertua di Dunia.

Untuk menuju keatas puncaknya, semua peziarah diharuskan melintasi kota-kota dan tilas makam oarang-orang suci, disana ada sebuah bekas kerajaan yang melagenda, serta bangunan-banguna bersejarah yang bisa bercerita tentang perjuangan orang-orang terdahulu. Tembok batunya sangat kokoh, penduduknya penuh suka cinta dan saling berbagi, semuanya bersadudara dan sangat familiar, tidak ada yang tidak kenal puncak Getsemani, bila engkau bertanya kepada mereka, mereka pasti berkata engkau adalah pencinta sejati.

Lorong-lorong tua itu sangat membekas, banyak pertempuran yang berlangsung ribuan tahun mewarnai kota tua dipinggir lembah, semua peziarah akan sangat paham betapa pentingnya kota tua berdinding batu, setiap harinya banyak pasar-pasar yang buka dan para penziarah yang datang untuk berkunjung, tetapi kau tidak akan mendapatkan mereka pada tiga hari terakhir, yang dimulai dari pagi jumat, sore sabat dan sepanjang akhir minggu.

Pada tiga hari itu semua penduduk kota dan para penziarah sibuk memanjatkan pujian-pujian untuk sang kekasih, mereka mulai mengulas cerita dibalik sejarah yang mengajarkan mereka akan kebesaran cinta. Dijaman utusan dan rabi-rabi menunggu orang yang diramalkan, hiduplah seorang perempuan suci dan bapaknya yang bijak, ia mempunyai seorang putra yang perkasa, rupanya angat rupawan dan ketegaranya sudah mengguncang dunia.

Ketika itu ia mulai mengajarkan cinta seperti para leluhurnya, karena cinta yang teramat dalam banyak orang-orang yang mengikuti dirinya, ia dituding sudah membangkan dan ajaran cintanya sudah ditolak, ia akan diburu kembali seperti leluhurnya yang terdahulu. Banyak penghuni-penghuni kejam itu tidak suka diajarkan tentang cinta, mereka sudah terlalu terma buta akan kasih dan sayang, sehingga mengatakan dirinyalah yang paling hebat.

Tetapi cinta yang datang bersama lembut kasih dah hangat sayang lebih kokoh dari pad tembok kastil-kastil mereka, mereka mulai gusar berdau mulut dan saling menjatuhkan. Pemuda yang gagah sangat rupawan rambutnya merah menyala seolah melambangkan kehangatan yang diajarkanya, ia lalu diburu oleh pemilik patung-patung olimpus, merekaberencan akan merajam dan menguliti si pemuda gagah, tetapi karena kuatnya cinta yang disebarkanya ia menjadi sanagt kokoh dan tak tergoyahkan.

Ia sadar akan perjanjianya terhadap sang kekasih akan berjumpa di suatu malam yang sunyi, diatas Puncak Lembah Getsemani janji itu kan terpenuhi. Ia bersama beberapa saudaranya pergi menuju kota tua bersejarah, melangkah satu demi satu untuk berziarah dan bermunajat dibalik tembok suci, ada tradisi lama dikalangan mereka untuk berkumpul merayakan jamauan malam, rencana misterius yang sudah ia susun sebelumnya akan segera diwujutkanya.

Ia berkata kepada semua saudaranya disaat mereka berada diatas satu meja, para kesatria-kesatria itu akan segera datang, dan tokoh-tokoh mereka sedang mengatur strateginya, aku sudah pernah mengatakan sebelumnya mereka akan memburu kita. Aku sudah berjanji kepada kalian akan melakukan sesuatu,kita tidak sendirian karena semua sudah ditetapkan sesuai kadarnya.

Mereka meninggalkan keramaian berjalan menelusuri bebatuan putih di bawah terang purnama, kegusaran akan panggilan kekasih sudah menghantui si merah yang berselimut jubah, mereka terus melangkah saudaranya seolah nampak biasa-biasa saja karena menikmati pemandangan yang cukup indah. Mereka seakan lupa apa yang dikatan si merah, “Biarkan ia mememimpin terlebih dahulu dan kita berjalan di belakang dia,”kata salah satu dari mereka.

Setelah sampai dipuncak keramat mereka membuat satu api unggun yang menyala, ia berkata jangan hidupkan apinya terlalu besar dan biarkan aku sendiri untuk menaiki puncak keramat ini. Mereka membiarkan si merah sendiri dia merenung dan menunggu kedatangan sang kekasih. Sudah larut rupanya malam yang menyelimuti mereka, semua saudaranya tertidur lelah. Lalu ia mencoba membangunkan salah satu dari saudaranya supaya mereka sedikit terjaga, karena rencana satria-satria yang memburu mereka.

Tetapi saudaranya tidak terlalu memperhatikanya dan meresa ucapanya hanya keresahan hati akan sesuatu yang belum terjadi, mereka padahal sudah tahu sebelumnya akan pesan penting yang disampaikanya, tetapi apadaya mereka membiarkan si merah termenung sendiri, ruh penurut tetapi daging yang lemah lalu mereka meninggalkanya didalam lelah.

Didalam kesunyian itu kekasih datang meyibak tabirnya, ia mengatakan tentang sesuatu yang rahasia, dan menenangkan kegelisahan hatitya. Ia cukup kuat karena bisikan sang kekasih, setelah itu ia mulai beranjak pergi dan meneruskan perjalanan mereka di kota suci.

Para satria rupanya sudah menunggu untuk melakukan penyergapan, tenyata simerah sudah mengetahui karena bisikan dari kekasih, lalu ia mngatakan kata yang sering diulang-ulanginya karena tipudaya mereka tidak bisa menipunya, bukan kehendaku yang jadi tetapi kehendakmu yang jadi, ia menghilang didalam pergantian dan tidak ada yang tahu kapan ia akan kembali meyebarkan cinta.
       
Setelah ia memberikan cinta sepenuhnya kepada sang kekasih ia tahu saudaranya tidak bisa memberikan seperti apa yang ia dapat dari sang kekasih. Suaranya yang tegar rambutnya merah sebahu dan kegagahnya kini terus dikenang sepanjang zaman dan kisah ajaranya tetap masih hidup hingga peyambungnya datang untuk mengajarkan kebenaran kepada mereka.

Tetapi seperti kata yang sering di panjatkanya, bukan kehendaku yang jadi tetapi kehendak mulah yang jadi. semua urusan ini aku serahkan kepadamu. Kini ia menyatu didalam cahya dan berjanji akan kembali di suatu saat nanti, dimana ajaran cinta yang sudah pernah ia sampaikan akan ditegakanya kembali.


PENULIS : Lembah Getsemani merupakan salah satu tempat suci di dekat kota betlehem, dimana lembah tersebut merupakan salah satu tempat yang keramat dan selalu di ziarahi oleh para penziarah untuk napak tilas, dan mendekatkan diri terhadap pencipta.

Di lembah ini pernah menggemah kalimat keimanan yang diajarkan kepada seluruh pengikut orang-orang suci. ”
bukan kehendaku yang jadi tetapi kehendak mulah yang jadi.”tidak ada kekuatan selalin kekuatan tuhan,”.

Inti dari pembahasan ini, anda tidak bisa mengandalkan siapapun didunia ini, baik saudara, teman rekan bahkan diri anda sendiri, kita harus kembali kepada tuhan yang mempunyai kekuatan seutuhnya dan meyakini kebesaranya.

Tidak ada komentar: