Senin, 18 November 2013

* Pemahaman Dan Pencerahan


Setelah mendegar cerita si gila, si kurus yang tersandar lemah meminta penjelasan mengenai kejadian aneh yang dialaminya. Mengapa begitu banyak orang yang dilihat bertelanjang dijalan-jalan, mereka mengeluarkan bau yang busuk, ada sebagian dari wajah mereka menghitam dan bernanah, penglihatan aneh itu sudah membuat hidupnya tidak wajar.

Hampir keseluruhan penglihatanya jauh dari keindahan, bahkan hampir setiap hari ia merasa tak bahagiah karena risau.”Semua busuk, hampir semua busuk, mereka lebam, hitam membiru dan bernanah. Ini tidaklah wajar lagi,” keluhnya didalam dekapan putri-putri taman.

Tenanglah bukalah jendela hatimu dan terimalah kebenaran ini. “Mereka semua pendosa dan penzina”. Penglihatan itu diberikan kepada orang-orang isimewa, mereka menjagamu dari hal yang memberatkanmu, tentu kamu kesepian karena timbulnya banyak penolakan, tetapi mereka lebih tahu penolakan tersebut membuatmu lebih dekat kepada mereka. Sedangkan kami merupakan pelayan khusus dari orang istimewa ini, tidak semua orang dapat diberikan pemahaman seperti itu”

“Para penzinah bermuka hitam mereka lebam bernanah, tak peduli sebaik mana dan seindah apa rupanya, mereka selalu tetap busuk hitam melepuh sesuai dengan perbuatan yang mereka lakukan”

“ Para pendosa hanya terlihat hitam melebam saja, bila mereka terlihat bertelanjang, mereka itulah orang-orang dengan keyakinan yang tergadaikan. Mereka terlihat tidak dapat mengambil keuntungan dan melakukan jual beli yang merugi dari perniagaan mereka”

Bila anda memnemukan mereka berpakaian berarti mereka orang melakukan perniagaan yang menguntungkan.”Emas itu bernilai tinggi karena sulit dicari dan mencarinya dengan resiko tinggi”. Aku masih ada pertanyaan lain selain itu. Dimana ini dan siapakah kalian sesungguhnya.?

PENULIS: Ini hanya pejelasan dari awal cerita, biar tidak membingungkan para pembaca, Penulis yang tadinya menyampaiakn pesan melalui atsar-atsar tersebunyi, karena tidak mau menyinggung tokoh-tokoh dan nara sumber nyata didalam cerita ini, kini dijelaskan secara lebih terperinci.

Memang banyak kata-kata tersembunyi didalam penulisan ini, selain dapat membiarkan para pembaca untuk mendapatkan pemandangan tersendiri, juga tidak mau memaksakan penjabaran terhadap penulisan.

Penulis sangat yakin dengan kemampuan intuisi dari setiap individu pembaca, sehingga tidak memerlukan kosa kata baku dan mengekang hak karya dari setiap manusia.

Alur cerita memang dirancang secara abstrak, sehingga banyak cipta rasa yang terkandung dialam pengalan-penggalan baris maupun tema yang ditulis.


Tidak ada komentar: